Berbagi takkan pernah rugi

Smadav 2018 Rev. 12.1 telah rilis resmi

Bismillah

Smadav 2018 Rev. 12.1 telah rilis resmi

Anti virus merupakan salah satu tools atau biasa kita sebut alat bantu yang sangat berguna untuk mencegah dan atau mengobati data-data yang ada di Flash Disk atau di Hard Disk dari serangan virus dan sebagainya. Menurut saya pribadi ada salah satu anti virus lokal alias buatan Indonesia atau dalam bahasa Inggrisnya Made In Indonesia yaitu Smadav. Sampai dengan tulisan ini di publikasikan, pengembangan Smadav telah sampai pada versi 11.18 pada tanggal 15 November 2017.

antivirus-software-gratis



Menurut situs pengembang dari Smadav anti virus lokal ini, ada 4 fungsi utama yang tersemat dalam anti virus made in Indonesia ini, antara lain :


Pembaruan SMADAV terbaru 11.7.2

Pertama adalah sebagai proteksi/pelindung tambahan untuk komputer yang kita gunakan. Selain sebagai proteksi tersebut, Smadav termasuk anti virus yang cocok/kompatibel dengan antivirus lainnya. Keterangan resminya berbunyi begini : "Sebagian besar antivirus tidak bisa di-install bersama antivirus lainnya, itu karena antivirus tersebut didesain untuk proteksi utama pada komputer Anda. Berbeda dengan Smadav, Smadav adalah tipe antivirus yang di-desain sebagai proteksi tambahan, sehingga kompatibel dan dapat berjalan dengan baik walaupun sudah ada antivirus lain di komputer Anda, dalam hal ini Smadav berfungsi sebagai lapisan pertahanan kedua. Smadav mempunyai caranya sendiri (behavior, heuristic, dan whitelisting) dalam mendeteksi dan membersihkan virus sehingga akan lebih meningkatkan keamanan di komputer tersebut. Karena penggunaan resource Smadav yang sangat kecil, Smadav tidak akan menambah berat kinerja komputer Anda dalam penggunaannya. Jadi, dengan perpaduan proteksi antara Smadav dan antivirus yang sudah ter-install di komputer Anda akan semakin memperkuat pertahanan komputer Anda dari infeksi virus.

Pembaruan SMADAV terbaru 11.7.2

  
Kedua yaitu sebagai One of the Best USB Antivirus (Proteksi USB Flashdisk), berikut saya salin keterangan resmi dari situsnya : "USB Flashdisk adalah salah satu media penyebaran virus terbesar. Smadav mempunyai teknologi khusus untuk pencegahan virus yang menyebar melalui USB Flashdisk. Smadav mempunyai cukup banyak signature virus yang menginfeksi flashdisk, dan mempunyai kemampuan khusus untuk mendeteksi virus baru di flashdisk walaupun belum ada di database Smadav. Tidak hanya pencegahan, Smadav juga mampu membersihkan virus yang menginfeksi dan mengembalikan file yang disembunyikan virus di USB Flashdisk tersebut. Smadav sangat baik digunakan untuk komputer yang jarang atau bahkan tidak terkoneksi ke internet. Smadav tidak perlu melakukan update sesering antivirus lainnya. Smadav tidak terlalu tergantung pada signature/database virusnya, tapi lebih bergantung kepada teknik deteksi behavior, heuristic, dan whitelisting".

Ketiga sebagai Antivirus yang sangat ringan, sebagaimana keterangan dari situs resminya yang berbunyi : "Smadav hanya menggunakan sumber daya (resource) komputer yang sangat kecil. Sebagian besar pemakaian saat Smadav aktif hanya memerlukan memori (dibawah 5 MB) dan penggunaan CPU yang sangat kecil (dibawah 1%). Dengan penggunaan yang sangat kecil seperti ini, Smadav tidak akan mempengaruhi atau memperlambat pekerjaan Anda yang lainnya. Dan Anda juga masih tetap dapat meng-install antivirus lainnya yang bisa bersanding dengan Smadav untuk melindungi komputer Anda"

Keempat atau terakhir yaitu dapat berfungsi sebagai Cleaner dan tools untuk membersihkan virus. Dalam keterangan resminya pengembang Smadav mengatakan : "Smadav dapat membersihkan komputer Anda dari virus baik secara otomatis ataupun manual menggunakan tools yang disediakan Smadav. Smadav juga dapat memperbaiki registry yang sudah dirusak/diubah oleh virus".

Mungkin itu saja yang bisa saya tulis dan bantu sajikan dalam postingan kali ini. Silahkan menuju situs resminya di tautan dibawah ini agar lebih jelas dan akurat.

Smadav 2018 Rev. 12.1 : 

  • Penambahan database pendeteksian 54 virus baru,
  • Penambahan metode pengiriman data statistik program PC untuk peningkatan fitur reputasi/whitelist,
  • Perbaikan bug dan peningkatan kemampuan otomatis update.

Anda dapat mengunjungi situs resmi Smadav pada tautan berikut ini. Saran saya agar lebih berkah belilah lisensi secara resmi pada situs resmi Smadav.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Smadav 2018 Rev. 12.1 telah rilis resmi